Header Ads Widget

Pengobatan Klinik CMI Hospital - Kanker Jantung Ginjal Diabetes

Retinoblastoma Kanker Retina Mata Pada Anak Seperti Mata Kucing

Retinoblastoma Kanker Retina Mata Pada Anak Seperti Mata Kucing

Retinoblastoma adalah kanker yang menyerang retina mata sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan sering terjadi pada anak-anak.

Salah satu ciri khas retinoblastoma adalah mata terlihat seperti mata kucing di malam hari, penampakan ini disebut sebagai leukokoria yaitu gambaran bercak putih pada mata saat terkena sinar, umumnya ketika mata seseorang terpapar sinar maka mata akan memancarkan warna kemerahan.

Gejala lain yang timbul pada pasien retinoblastoma adalah mata juling (strabismus), mata merah, mata bengkak, terasa nyeri, perubahan warna pada iris mata, dan gangguan penglihatan.

Selain berakhir dapat menyebabkan kerusakan parah pada bola mata baik akibat penyusutan ukuran bola mata, perubahan susunan mata, atau akibat penurunan fungsi penglihatan atau kebutaan, retinoblastoma yang tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan kanker menyebar ke jaringan atau organ lain (metastasis), ablasi retina, perdarahan pada bola mata, glaukoma, dan peradangan pada jaringan bola mata.

Sama seperti penanganan kanker pada umumnya, pengobatan retinoblastoma dapat dilakukan dengan cara operasi, kemoterapi, radioterapi, ataupun terapi laser yang bagaimanapun tetap dapat menimbulkan efek samping.



Sumber: CMI Hospital

Posting Komentar

0 Komentar