Header Ads Widget

Pengobatan Klinik CMI Hospital - Kanker Jantung Ginjal Diabetes

Gagal Ginjal Kronis Terjadi Akibat Diabetes, Tekanan Darah Tnggi atau Asam Urat

Gagal Ginjal Kronis Terjadi Akibat Diabetes, Tekanan Darah Tnggi atau Asam Urat

Penyakit Ginjal Kronis atau Gagal Ginjal Kronis adalah kondisi ketika ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya akibat kerusakan ginjal.

Ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring darah dari limbah seperti racun, garam berlebih, urea dan kelebihan cairan dalam tubuh.

Penyakit ini tidak terjadi secara tiba-tiba, akan tetapi terjadi secara bertahap dan seringkali baru diketahui penderitanya setelah memasuki stadium lanjut sehingga pasien perlu melakukan penanganan cuci darah atau hemodialisis.

Penyakit ini pun biasanya sudah terjadi setidaknya selama 3 (tiga) bulan atau lebih hingga bertahun-tahun lamanya.

Diperkirakan 10 persen dari penduduk dunia menderita Penyakit Ginjal Kronis, namun sayangnya 9 dari 10 orang tersebut tidak menyadari kondisinya.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesda) tahun 2018, prevalensi PGK di Indonesia meningkat menjadi 0,38 persen dari angka 0,2 persen di tahun 2013.

Gejala yang sering muncul diantaranya adalah tekanan darah tinggi yang tidak terkendali, pembengkakan pada tungkai, tingginya kadar asam dalam darah (asidosis), tingginya kadar kalium dalam darah, dan munculnya gejala uremia (gatal-gatal, mual, muntah, kehilangan nafsu makan, kelelahan).

Sedangkan penyebabnya dapat terjadi akibat penyakit lainnya seperti penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, atau asam urat.



Sumber: CMI Hospital

Posting Komentar

0 Komentar