Header Ads Widget

Pengobatan Klinik CMI Hospital - Kanker Jantung Ginjal Diabetes

Pernah Mengalami Keguguran Ternyata Gagal Ginjal Kronis Stadium 5

Pernah Mengalami Keguguran Ternyata Gagal Ginjal Kronis Stadium 5

Tak pernah terbesit sedikit pun dalam benak Asty (29 tahun) bahwa gejala-gejala ringan yang sering dialami oleh dirinya sejak tahun 2017 akan mengubah kehidupannya sekarang.

Pusing, sakit pinggang, produksi kencing berkurang, mual muntah setiap pagi, dan mudah lelah walaupun tidak banyak beraktivitas, sering Ia remehkan.

Asty mengira bahwa gejala tersebut adalah sakit maag biasa, bahkan Ia mengira gejala tersebut adalah tanda-tanda bahwa dirinya sedang dikaruniai anak.

Ekspektasi tersebut terpatahkan setelah Asty memeriksakan diri ke dokter.

Hasil pemeriksaan laboratorium yang diterima Asty sangat mengejutkan, tekanan darah, kolesterol, dan asam urat menunjukkan angka yang tinggi.

Asty mencoba menerima dan berusaha menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan asam uratnya hingga kembali menjadi normal.

Seminggu setelahnya, Asty mengalami sesak napas hebat dan tidak bisa tidur berhari-hari sampai akhirnya dilarikan ke IGD.

Lebih mengejutkan dari sebelumnya, Asty divonis terkena gagal ginjal kronis stadium 5 yang ternyata menjadi penyebab dirinya pernah mengalami keguguran di tahun 2016 dan 2017

Setelah Asty divonis terkena gagal ginjal kronis, Asty menjalani pengobatan yang mengusahakan agar tubuhnya bisa mengeluarkan kadar kreatinin melalui urine karena pada saat itu kadar urinenya masih terbilang banyak, yaitu sebanyak 800 ml.

Namun ternyata, kadar kreatinin tersebut tidak bisa dikeluarkan melalui urine sehingga memaksa Asty untuk perlu menjalani cuci darah.

Perlu diketahui, meski cuci darah memberikan manfaat, efek samping cuci darah pun acap kali terjadi.

Hal ini bisa disebabkan oleh prosedur cuci darah itu sendiri atau karena penurunan fungsi ginjal yang tidak dapat diatasi dengan cuci darah, seperti kram otot, anemia, kulit gatal dan tekanan darah terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Asty berpesan untuk sesama penderita gagal ginjal kronis, "kita harus menerima apa yang sudah ditakdirkan, kadang yang menurut kita buruk itu belum tentu buruk dan sebaliknya. Semoga sakit ini bisa menjadi penggugur dosa dan bisa menaikan derajat kita. Tetap semangat untuk menjalani kehidupan baru, jadikan ini sebagai motivasi, gaya hidup, terima, dan jalani".

Asty juga memberikan pesan untuk masyarakat umum yang masih diberikan kesempatan hidup sehat, "Untuk kalian yang masih diberikan kesempatan sehat, tetaplah menjaga pola hidup sehat, jagalah tensi darah, rutin memeriksakan kondisi tubuh ke dokter dan jangan sampai kita tidak tahu kondisi kesehatan kita sendiri. Semoga semua kejadian bisa menjadi pelajaran untuk kita semua", aamiin.



Sumber: CMI Hospital

Posting Komentar

0 Komentar