Header Ads Widget

Pengobatan Klinik CMI Hospital - Kanker Jantung Ginjal Diabetes

Sindrom Nefrotik Ginjal Bocor Akibat Pola Hidup Tidak Sehat

Sindrom Nefrotik Ginjal Bocor Akibat Pola Hidup Tidak Sehat

Febri Setyawan (23) merasa aneh dengan perubahan yang terjadi pada tubuhnya, entah sejak kapan beberapa bagian tubuhnya mengalami pembengkakan akibat adanya penumpukan cairan, ketika Ia coba tekan maka pada kulitnya tersebut akan timbul lubang seperti lesung pipi untuk beberapa saat.

Karena merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-harinya, Febri memeriksakan diri ke dokter dan langsung diarahkan untuk menjalani serangkaian tahap pemeriksaan fisik maupun laboratorium.

Febri berharap hal yang Ia alami ini tidak menandakan suatu penyakit serius karena dirinya masih sangat muda dan masih ada banyak hal yang masih ingin Ia lakukan dan capai.

Namun sayangnya, Febri didiagnosis terkena penyakit Sindrom Nefrotik atau biasa disebut dengan ginjal bocor.

Febri merasa sangat terpukul dan tidak percaya bahwa Ia harus mengalami penyakit ini, dengan adanya penyakit ini Febri sadar betul bahwa ke depannya akan ada banyak kebiasaan dalam hidupnya yang berubah.

Dokter menjelaskan penyebab penyakitnya ini adalah karena pola hidup Febri yang tidak sehat sebelumnya, Febri memang memiliki kebiasaan gemar mengonsumsi minuman bersoda, minuman beralkohol, dan minuman berwarna lainnya.

Sebagai bentuk usaha supaya kondisinya tidak semakin parah, Febri menghentikan kebiasaan buruk minum-minuman bersoda, alkohol, dan lainnya tersebut, disertai dengan disiplin mengonsumsi obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter.

Akan tetapi, obat-obatan ini ternyata tidak serta merta menyembuhkan penyakitnya secara langsung, obat ginjal yang Ia konsumsi menimbulkan efek samping lain yang membuat wajah Febri tampak bulat menyerupai bulan karena adanya deposit lemak dan tertahannya cairan di sekitar pipi Febri.

Banyak hal yang berubah dalam diri Febri setelah dirinya didiagnosis penyakit Sindrom Nefrotik oleh dokter.

Supaya kondisi ginjalnya tidak semakin parah, selain Febri menghentikan kebiasaan minumnya yang tidak sehat dan disiplin mengonsumsi obat-obatan ginjalnya, Febri juga membatasi diri untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti makanan yang mengandung santan, garam, penyedap rasa buatan, dan pemakaian gula yang terlalu berlebihan, membatasi diri dalam mengonsumsi air putih sebanyak 600 ml per hari, serta lebih sering melakukan istirahat.

Dengan penyakit yang dideritanya sekarang, Febri berusaha untuk menerimanya, menjalaninya dengan penuh semangat, dan selalu optimis bahwa penyakit ginjalnya ini bisa disembuhkan.

Supaya tidak semakin banyak masyarakat yang mengidap penyakit Sindrom Nefrotik ini, Febri berpesan untuk kita semua untuk selalu menjaga pola hidup sehat.

Febri juga menyampaikan pesan untuk selalu semangat bagi pasien yang kini masih mengidap penyakit Sindrom Nefrotik, jangan lupa beristirahat yang cukup, serta perbanyak konsumsi telur dan ikan gabus agar albumin dalam tubuh bisa tetap stabil.

Semoga teman-teman yang masih ditakdirkan untuk berjuang sembuh dari penyakit ini bisa segera disembuhkan oleh Tuhan. Aamiin



Sumber: CMI Hospital

Posting Komentar

0 Komentar