Header Ads Widget

Pengobatan Klinik CMI Hospital - Kanker Jantung Ginjal Diabetes

Faktor Genetik Sejak Lahir Hanya Memiliki Satu Ginjal Agenesis

Faktor Genetik Sejak Lahir Hanya Memiliki Satu Ginjal Agenesis

Normalnya, setiap orang memiliki sepasang atau dua buah ginjal pada tubuhnya.

Namun pada beberapa kasus ditemukan terdapat orang-orang yang hanya memiliki satu ginjal di tubuhnya karena kelainan medis atau faktor genetik yaitu kecacatan lahir.

Kondisi kecacatan lahir ini disebut dengan Agenesis Ginjal, pengidapnya dapat terlahir dengan kondisi hanya memiliki satu ginjal (Unilateral Renal Agenesis) atau bahkan dapat meninggal karena tidak memiliki keduanya (Bilateral Renal Agenesis) akibat adanya mutasi genetik.

Kasus ini adalah kasus yang langka dan terjadi kurang dari satu persen dari kelahiran bayi setiap tahunnya.

Kondisi Renal Agenesis dapat diprediksi pada masa prenatal (masa kehamilan) yaitu dengan melakukan pemeriksaan USG pada Ibu bayi dan dapat diketahui pada masa postnatal (setelah kelahiran bayi) dengan melakukan USG, CT Scan, MRI Scan dan operasi.

Seorang pengidap Unilateral Renal Agenesis tetap bisa menjalani kehidupan seperti orang normal lainnya, tetapi dirinya lebih rentan mengalami penyakit ginjal sepanjang hidupnya, terutama setelah menginjak usia 25 tahun ke atas.

Pemilik ginjal tunggal harus memperhatikan kesehatan untuk menghindari penyakit ginjal dengan melakukan pemeriksaan rutin ginjal, rajin melakukan olahraga ringan, minum air putih cukup, menjaga pola makan sehat dan bergizi, serta menghindari rokok.

Karena mereka rentan pula terkena hipertensi, proteinuria (kelebihan protein dalam urine), dan penurunan laju filtrasi glomerulus ginjal (GFR).



Sumber: CMI Hospital

Posting Komentar

0 Komentar