Header Ads Widget

Pengobatan Klinik CMI Hospital - Kanker Jantung Ginjal Diabetes

Batu Ginjal Kencing Batu di Organ Ginjal Yang Menkristal

Batu Ginjal Kencing Batu di Organ Ginjal Yang Menkristal

Penyakit batu ginjal atau kencing batu adalah penyakit yang diakibatkan oleh adanya pembentukan materi keras seperti batu di organ ginjal, batu ini dapat berpindah dari organ ginjal menuju saluran urine, yaitu ureter, kandung kemih, dan uretra.

Batu ginjal terbentuk dari limbah garam dan mineral dalam darah yang seiring berjalannya waktu dapat membentuk kristal dan mengeras seperti batu.

Penyebabnya dapat diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah akibat seseorang yang kurang minum air putih, berat badan berlebih, atau akibat dari efek samping tindakan operasi pada organ pencernaan.

Jika tidak terdiagnosis dan ditangani dengan segera, batu ginjal dapat menimbulkan iritasi di sepanjang saluran kemih bahkan dapat menimbulkan kerusakan fungsi ginjal permanen atau Gagal Ginjal Kronis.

Sayangnya, gejala batu ginjal sering baru muncul ketika batu sudah berukuran besar, pasien umumnya merasakan sakit pinggang, sering merasa ingin buang air kecil, jumlah urine yang keluar sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali, rasa sakit saat buang air kecil, urine tampak lebih keruh, atau munculnya darah pada urine.

Pada banyak kasus, penyakit ini cukup mudah untuk ditangani, pilihan pengobatannya beragam dan disesuaikan dengan kondisi penyakit pasien, yaitu dapat dengan pemberian obat-obatan penghancur batu ginjal, prosedur untuk memecah batu ginjal, atau pembedahan.

Akan tetapi jika ukuran batu sudah besar, pengobatan batu ginjal dapat menimbulkan komplikasi seperti cedera pada ureter, perdarahan di dalam tubuh, infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh melalui darah, dan pembengkakan pada ginjal (hidronefrosis).



Sumber: CMI Hospital

Posting Komentar

0 Komentar